Home » , , » Membongkar Laptop Toshiba Tecra 9100

Membongkar Laptop Toshiba Tecra 9100

Karena jengkel sering hang, saya sempat frustasi. Baru hidup beberapa menit (ga sampai 5 menit), nge-hang. Mouse ga bisa digerakin, keyboard tidak merespon apa-apa. Satu-satunya jalan direset. Tapi kalau sudah mati, menghidupkannya lagi kadang sulit banget. Belakangan sering banget muncul pesan error dalam keadaan layar gelap alias blank screen. Bunyi pesannya singkat banget, begini : I/O Channel Error.

Saya bingung, I/O Channel tuh apa? Sama ga dengan I/O port kaya Serial atau LPT port? Rumah saya di kota kecil ga ada tempat service laptop. Jadi saya memutuskan untuk membongkar sendiri laptop tersebut. Wah, nekat..!

Nggak juga.., soalnya sebelum membongkar saya siapkan dulu referensi yang cukup. Seperti biasa Google membantu menunjukkan alamat-alamat web yang bisa saya buka untuk mengetahui cara-cara membuka laptop. Selain itu saya juga cari-cari informasi yang berkaitan dengan pesan error itu.

Yang sangat membantu saya dalam usaha membongkar laptop khususnya merk Toshiba adalah situs www.irisvista.com. Disini komplit banget! Kayaknya semua seri atau type laptop Toshiba dibahas dan dibongkar disini. Selain step by step-nya lumayan detil juga disertai dengan foto-foto yang lumayan jelas.


Saya pengen banget menerjemahkan halaman-halaman dari web itu dalam Bahasa Indonesia. Saya yakin pemilik laptop Toshiba di Indonesia banyak. Dan yang rusak juga mungkin banyak. Jadi apa salahnya saya "membantu", he he...

Oh ya, ada beberapa hal yang perlu anda ketahui sebelum anda mulai membongkar laptop.

0 comments: